Profil LSP

By Admin 06 Mar 2021, 22:18:17 WIB

Lembaga Sertifikasi Profesi Pihak Pertama              (LSP P-1) adalah lembaga sertifikasi profesi yang didirikan oleh lembaga pendidikan dan atau pelatihan dengan tujuan utama melaksanakan sertifikasi kompetensi kerja terhadap peserta pendidikan/pelatihan berbasis kompetensi dan atau sumber daya manusia dari jejaring kerja lembaga induknya sesuai ruang lingkup yang diberikan oleh BNSP.

Pembentukan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) merupakan amanat Peraturan Pemerintah No. 23 Tahun 2004 tentang Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP), Peraturan Pemerintah No. 31 Tahun 2006 tentang sistem  Standarisasi Kompetensi Kerja Nasional Permenakertrans No. 8 Tahun 2012 tentang tata cara pembuatan Standart Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI), Permenakertrans No. 21 Tahun 2014 tentang pedoman penerapan KKNI. Dengan adanya peraturan ini, Politeknik Negeri Medan mendirikan LSP P-1 berdasarkan SK Direktur Politeknik Negeri Medan No. 1012/PL5/TU/2016 tanggal 03 Juni 2016, yaitu LSP P-1 Politeknik Negeri Medan (LSP POLMED).

LSP POLMED mempunyai fungsi utama yaitu melakukan sertifikasi kepada mahasiswa, Politeknik Negeri Medan dan kepada sumber daya manusia (SDM) dari berbagai industri yang menjalin kerjasama dengan Politeknik Negeri Medan. LSP Polmed melalui Tempat Uji Kompetensi (TUK) di setiap jurusan yang ada di Politeknik Negeri  Medan dapat menyelenggarakan uji kompetensi sesuai dengan ruang lingkup yang diberikan oleh BNSP.